Mahasiswa Unissula dan Unwahas Kunjungi DPRD Jateng, Bahas Peran dalam Pembangunan Daerah – Liputan Online Indonesia

SEMARANG, liputanbangsa.com Puluhan mahasiswa dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) dan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) mengunjungi Gedung Berlian, markas DPRD Jawa Tengah, pada Rabu (25/9/2024).

Mereka disambut oleh Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD (Setwan) Provinsi Jateng, Edy Iswanto, serta Kasubbag Protokol Bagian Humas, Donny A. Kurnianto, di Lantai 4, Ruang Banggar Gedung Berlian.

Edy menyatakan apresiasinya atas kedatangan para mahasiswa yang ingin memahami lebih jauh tentang tugas dan fungsi DPRD.

Dalam diskusi, Edy menjelaskan sejarah dan fungsi Gedung Berlian serta tugas alat kelengkapan dewan (AKD), termasuk lima pimpinan DPRD yang bekerja secara kolektif.

Salah satu mahasiswa Unissula, Guntur Wicaksono, bertanya tentang bagaimana mahasiswa bisa berperan dalam menyampaikan aspirasi dan terlibat dalam kebijakan pemerintahan daerah.

“Kami ingin memahami lebih lanjut bagaimana mahasiswa dapat terlibat dalam proses legislasi dan pembangunan daerah,” ujar Guntur.

Sementara itu, Fajar dari Unwahas menyoroti ketimpangan pembangunan di Jawa Tengah dan menanyakan peran DPRD dalam mengatasi masalah tersebut.

Edy menjawab bahwa mahasiswa bisa turut berperan aktif dengan menyampaikan aspirasi secara konstruktif, tidak hanya lewat aksi demonstrasi, tetapi juga melalui usulan dan solusi konkret kepada pemerintah.

DPRD sendiri berfungsi untuk menyerap aspirasi masyarakat, termasuk dari daerah terpencil, yang kemudian dibahas bersama pihak eksekutif untuk mencapai pemerataan pembangunan.

“Peran legislatif adalah menyerap aspirasi masyarakat dan mendiskusikannya dengan eksekutif untuk mencapai tujuan pembangunan daerah,” jelas Edy. (Adv-Anf)

 

(lb/lb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *