Jadi Binaan Disperkim Kendal, Dusun Sambikerto Dijadikan Ikon Dusun Kopi – Liputan Online Indonesia

ByRedaksi

26 Juli 2024 ,
Disperkim KendalDusun Sambikerto Dijadikan Ikon Dusun Kopi - Liputan Online Indonesia

LiputanKendal – Stand Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kendal menampilkan produk kopi dari Dusun Sambikerto Desa Kalipakis Kecamatan Sukorejo. Dusun Sambikerto sebagai ikon Dusun Kopi merupakan Dusun Binaan Disperkim Kendal.

Kepala Disperkim Kendal, Muhamad Nurhasyim mengatakan, pada tahun 2023, Dusun Sambikerto mendapat Bantuan Pemeliharaan Perumahan Swadaya (BPPS) dari pemerintah pusat. Bantuan stimulan itu digunakan untuk memperindah lingkungan. “Lingkungan di dusun itu dipercantik, di antaranya dicat warna coklat, dipasang lampu-lampu, sehingga terlihat indah sebagai kampung tematik kopi,” katanya.

Disperkim Kendal
Dusun Sambikerto Dijadikan Ikon Dusun Kopi – Liputan Online Indonesia

BPPS merupakan bantuan stimulan dari pemerintah bagi masyarakat di delineasi lokasi penanganan untuk memperbaiki eksterior rumah. Tujuannya untuk memperindah tampilan lingkungan.

Dikatakan, pada APBD Perubahan Tahun 2023 Kabupaten Kendal mendapatkan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Bantuan itu untuk Program BPPS di Dusun Sambikerto. “Dusun Sambikerto sebagai ikon dusun kopi, maka pada waktu itu diusulkan sebagai lokasi BPPS,” jelasnya.

Pada delineasi tersebut dilakukan perbaikan rumah tampak luar sebanyak 20 unit rumah dan 1 masjid pada bagian tempat wudhu. Pemeliharaan yang dilaksanakan antara lain pembuatan gapura dan tulisan sebagai ikon kawasan delineasi BPPS. Selain itu, pengecatan dinding, jendela dan pintu rumah. “Ditambah lagi pemasangan lampion lampu, pemasangan lisplang, pemasangan GRS batik,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Pemerintah Desa Kalipakis ikut serta dalam mendukung kegiatan tersebut. Yaitu dengan menganggarkan rabat beton untuk jalan dalam kawasan tersebut menggunakan Dana Desa yang dianggarkan tahun 2024. “Selain itu, juga ada pengadaan mesin roasting kopi, sehingga bisa mendapatkan produk kopi yang asli khas Dusun Sambikerto,” pungkasnya. FAIZ

InfoDaeah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *