Cegah Kebakaran Hutan di Jateng, Sekda Tekankan Pentingnya Kesiapsiagaan Bersama – Liputan Onlien Indonesia

SEMARANG, liputanbangsa.com – Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno meminta para pemangku kepentingan dan masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan,  guna  mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Kebakaran hutan dan lahan harus kita cegah. Karena hutan mempunyai fungsi sangat strategis  dan merupakan salah satu penyeimbang lingkungan,” ujar Sumarno disela rakor pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Rimba Graha Semarang, Senin, 26 Agustus 2024.

Menurut dia, faktor alam bukan satu-satunya penyebab karhutla, namun  faktor ulah manusia juga  kerap jadi salah satu penyebabnya.

Oleh karenanya, aktivitas yang berpotensi menyebabkan kebakaran seperti membuang rokok di sekitar kawasan hutan, harus dihindari.

Sumarno berharap, kepedulian masyarakat dalam menjaga hutan agar tetap lestari terus ditingkatkan.

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Haryo Pambudi menjelaskan, luas hutan dan lahan terbakar di Jateng pada 2023 mencapai 9.966 hektar.

Dari luasan tersebut tertinggi di Blora yang mencapai 2.863 hektar, Brebes seluas 940 hektar, serta Kabupaten Semarang seluas 690 hektar, sedangkan selama Januari -Juli 2024, luas hutan dan lahan yang  terbakar di Jateng

mencapai 153 hektar. Paling luas di Kabupaten Tegal yang mencapai 45 hekter.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Widi Hartanto menuturkan, wilayah Jateng punya luasan hutan sebesar 1.292.535 hektar, terdiri dari kawasan hutan dan hutan rakyat.

Menurut dia, upaya pencegahan penting dilakukan seluruh pihak agar tak terjadi kebakaran hutan.

“Peran dari masyarakat sangat luar biasa, sehingga adanya rakor seperti ini, diharapkan kedepan tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, ” katanya.

 

(ar/lb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *