Untuk periode 2024-2029, Sumanto kembali diusulkan sebagai Ketua DPRD Jawa Tengah yang baru.

ByRedaksi

27 September 2024
Pimpinan DPRD Jawa Tengah sementara Sumanto dalam rapat paripurna, Jumat (27/9/2024) siang. (Tangkapan layar YouTube Berlian TV)

liputanbangsa.com – Sumanto dipastikan kembali menjabat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah setelah namanya dimasukkan dalam surat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Carnavian. Selain Sumanto, empat nama lain juga diusulkan menjadi Ketua DPRD Jawa Tengah periode 2024-2029, pada Jumat, 27 September 2024.

Dalam rapat paripurna yang digelar di Kantor Pusat DPRD Jawa, nama-nama calon pimpinan antara lain Sumanto (PDI Perjuangan) sebagai Ketua DPRD, sedangkan empat wakil presiden berasal dari Sarif Abdillah (Partai Kebangkitan Bangsa), Heri Pudyatmoko (Gerindra). Muhammad. Saleh. (Golkar) dan Setya Arinugroho (PKS).Rapat paripurna tersebut dihadiri perwakilan pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Usai pertemuan, Sumanto mengungkapkan pihaknya akan segera mengirimkan surat kepada Menteri Dalam Negeri untuk mengambil keputusan akhir terkait pengangkatan pimpinan DPRD Jateng.

“Kami akan menyurati Menteri Dalam Negeri untuk mengambil keputusan akhir,” kata Sumanto.

Sumanto juga menjelaskan, jabatan pimpinan DPRD ditentukan berdasarkan hasil pemilihan legislatif (Pileg), di mana partai dengan mandat terbanyak berhak menduduki jabatan ketua DPRD. Pada pemilu 2024, PDI Perjuangan meraih 33 kursi di DPRD Jawa Tengah sehingga memastikan jabatan ketua DPRD akan jatuh ke tangan partai tersebut.

Posisi wakil presiden ditempati empat partai dengan mandat terbanyak setelah PDI Perjuangan. PKB memperoleh 20 kursi, disusul Gerindra dan Golkar masing-masing 17 kursi, serta PKS 11 kursi. Nama-nama yang diajukan pimpinan DPRD disesuaikan dengan surat rekomendasi masing-masing parpol.

Usulan Ketua DPRD Jateng berdasarkan surat resmi partai politikUsulan nama Sumanto sebagai Ketua DPRD Jateng berdasarkan surat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan tertanggal 25 September 2024. Untuk posisi wakil ketua, usulan nama Sumanto Sarif Abdillah berasal dari DPP PKB. Surat tertanggal 18 Agustus 2024, sedangkan nama Heri Pudyatmoko diusulkan melalui surat DPP Gerindra tertanggal 13 Agustus 2024. Mohammad Saleh diusulkan DPP Golkar pada 8 September 2024 dan Setya Arinugroho diusulkan DPP PKS melalui surat tertanggal 6 September 2024.

Fokus pada peralatan di kapalUsai mendapat kepastian untuk kembali menjabat Ketua DPRD Jateng, Sumanto mengaku siap menunaikan amanah yang diberikan partai. Ia juga menyebutkan bahwa penyusunan anggaran daerah dan peraturan daerah akan menjadi prioritas utama amanahnya, khususnya untuk mendukung Jawa Tengah sebagai keranjang pangan nasional.”Itu namanya kepercayaan, jadi kamu jalankan, kamu punya tugas, kamu jalankan.

“Yang jelas ke depan harus lebih baik lagi, baik dari sisi penyusunan anggaran maupun peraturan daerah, khususnya pengawasan dan RPJPD terkait,” kata Sumanto.

Sebagai langkah awal, Sumanto dan pimpinan DPRD lainnya akan segera menyelesaikan pembahasan terkait pengisian staf dewan. (Adv-Anf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *