PLN Hadirkan Pasokan Listrik Berbasis Hidrogen Hijau – Liputan Online Indonesia

SURABAYA, liputanbangsa.com PLN Nusantara Power (PLN NP) menghadirkan pasokan listrik berbasis hidrogen hijau untuk memenuhi kebutuhan listrik, termasuk dalam gelaran olahraga yang digelar PLN.

Salah satunya, Hydrogen Fuel Cell Generator (HFCG) berkapasitas 100 kVA dari Unit Pembangkitan (UP) Muara Karang.

Untuk mendukung operasional generator tersebut, juga disiapkan hidrogen hijau produksi Green Hydrogen Plant (GHP) Muara Karang sebanyak 200 tabung dengan tekanan 150 bar.

Direktur Utama PLN NP Ruly Firmansyah mengatakan, penggunaan energi bersih dari hidrogen hijau dalam gelaran olahraga berhasil mereduksi lebih dari 14 ton emisi CO2, sekaligus menjadi contoh nyata gelaran acara besar dapat dilakukan dengan tetap menjaga lingkungan.

Menurutnya, inovasi penggunaan HFCG juga menjadi langkah penting menuju masa depan energi yang lebih hijau dan bebas emisi.

“Penggunaan Fuel Cell Generator berbasis hidrogen adalah bentuk komitmen kami untuk mempercepat transisi energi di Indonesia. Kami percaya hidrogen hijau akan menjadi salah satu solusi dalam pemenuhan kebutuhan energi yang lebih ramah lingkungan,” ujar Ruly, Kamis, 10 Oktober 2024.

Ruly menjelaskan, PLN NP menjadi pelopor dalam produksi hidrogen hijau melalui operasional GHP pertama di Indonesia yang berlokasi di kawasan PLTGU Muara Karang, Jakarta pada Oktober 2023.

“Hingga kini, PLN NP telah memiliki GHP pada delapan unit pembangkit dengan total produksi mencapai 95 ton per tahun, dan 36 ton digunakan untuk pendingin generator,” jelasnya.

Selain menyuplai listrik bersih, dalam PLN Electric Run 2024, PLN NP juga menghadirkan inovasi terbaru berupa mobil listrik hybrid berbahan bakar hidrogen, H-E Nusantara.

PLN NP juga memberikan edukasi kepada peserta mengenai pentingnya carbon lifestyle dan bagaimana membeli unit karbon dapat mendukung usaha hijau.

 

(ar/lb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *