Gantikan Gibran, Teguh Prakosa Resmi Dilantik Jadi Wali Kota Solo – Liputan Online Indonesia

SEMARANG, liputanbangsa.com – Teguh Prakosa dilantik menjadi Wali Kota Solo menggantikan Gibran Rakabuming Raka di Gedung Gradhika Bakti Praja komplek Kantor Gubernur Jawa Tengah Kota Semarang pada Jumat, 19 Juli 2024.

Pelantikan dipimpin oleh Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana.

“Kami percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujar Nana ketika menyampaikan sambutannya. Dia berharap Teguh mampu melanjutkan kepemimpinan Gibran di Kota Solo.

Gibran datang bersama istrinya, Selvi Ananda yang merupakan Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK Kota Solo.

Keduanya kini digantikan setelah Calon Wakil Presiden terpilih itu mengundurkan diri sebagai Wali Kota Solo.

Pasangan Gibran dan Teguh memimpin Kota Solo sejak 2021. Mereka maju melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP.

Gibran mendaftar di PDIP Jawa Tengah sementara PDIP Kota Solo telah memiliki kandidat lain. Namun, rekomendasi dari DPP PDIP jatuh kepada Gibran.

Dalam pemilihan, Gibran-Teguh menang atas pasangan Bagyo Wahyono dan FX Supardjo dengan 86,53 persen.

Putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut lantas mengikuti jejak ayahnya jadi pemimpin Kota Solo.

Teguh merupakan putra kelahiran asli Solo pada 10 November 1958. Dia adalah seorang politikus senior dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Solo.

Pengalaman politiknya meliputi tiga periode sebagai anggota DPRD Solo, yaitu dari tahun 2009 hingga 2014, 2014 hingga 2019, dan 2019 hingga 2024.

Kariernya terus berkembang, dan saat ini dia menjabat sebagai Wali Kota Solo untuk periode 2021-2026 setelah dilantik pada 26 Februari 2021.

Teguh menempuh pendidikan di Kota Solo, dimulai dari SD Kasatriyan dan SMP Kasatriyan, kemudian melanjutkan ke SMA Negeri 4 Surakarta.

Kegemarannya dalam olahraga mengarahkannya untuk melanjutkan studi di Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Sebelas Maret.

Setelah lulus, dia menjadi Guru Olahraga di SMK Bhineka Karya dari tahun 1986 hingga 2009.

Pilihan Editor: Gibran Resmi Mundur, Muncul Sejumlah Aksi Warga Dukung Mangkunegara X Maju di Pilkada Solo.

 

(ar/lb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *