Pendampingan Pejabat Pemda Kendal Ziarah ke Makam Temanggung Bahurekso, Bupati Pertama di Kendal – Liputan Online Indonesia

ZiarahPejabat Pemda Kendal Ziarah ke Makam Temanggung Bahurekso

LiputanKendal – Pemerintah Daerah (Pemda) Kendal melakukan ziarah ke Makam Temanggung Bahurekso di Lebaksiu Kabupaten Kendal, Kamis (25/7/2024). Tumenggung Bahurekso adalah Bupati Kendal pertama, yang dalam perjuangannya sampai ke wilayah Tegal hingga akhir hayatnya.

Pelepasan rombongan dilakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kendal, Muhammad Noor Fauzi di depan Paringgitan Setda Kendal, Kamis pagi. Rombongan ziarah diikuti oleh Staf Ahli Bupati Kendal, para pimpinan Perangkat Daerah Kendal, Paguyuban Camat Kendal, Paguyuban Kepala Desa, MUI dan Takmir Masjid Agung Kendal serta Lembaga Seni Budaya di Kabupaten Kendal.

Ziarah
Pejabat Pemda Kendal Ziarah ke Makam Temanggung Bahurekso

Muhammad Noor Fauzi mengatakan, ziarah ke Makam Tumenggung Bahurekso ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi ke-419 Kabupaten Kendal tahun 2024 ini. Ziarah untuk berdoa bersama ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Tumenggung Bahurekso atas jasa dan perjuangannya dalam memimpin Kabupaten Kendal.

“Ki Tumenggung Bahurekso itu sebagai Panglima Perang Kerajaan Mataram Islam, sehingga memiliki tanggung jawab besar terhadap rakyat Kerajaan Mataram, terutama dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di wilayah Kerjaan Mataram,” jelasnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kendal, Muhammad Nurhasyim mengatakan, sebagai generasi penerus, harus dapat mengambil pelajaran atau ibroh dari perjuangan beliau dalam membebaskan bumi pertiwi dari tangan penjajah. Sebagai generasi penerus berkewajiban untuk meneruskan perjuangannya, dengan kerja keras dan kerja cerdas untuk membawa kemaslahatan bagi masyarakat.

“Tentunya kita dalam menjalani kehidupan ini juga harus mengingat akan adanya kehidupan abadi di akhirat nanti. Sehingga kita dituntut untuk selalu berbuat yang baik sehingga membawa manfaat bagi masyarakat Kendal pada khususnya,” katanya.

Berziarah ini untuk mendoakan beliau Tumenggung Bahurekso dan para pemimpin Kabupaten Kendal terdahulu, agar dilapangkan kuburnya, diampuni segala dosa dan khilafnya serta diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT. Selain itu juga memohon agar Kabupaten Kendal semakin maju dan sejahtera. FAIZ

InfoDaerah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *