Perbasi Kendal Bersama Disporapar Kendal Gelar Liga Basket Pelajar 2024 – Liputan Online Indonesia

Disporapar KendalDisporapar Kendal - Liputan Online Indonesa

LiputanKendal – Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) berkerja sama Disporapar Kendal menggelar Kejuaraan Liga Bola Basket Pelajar (Libala) tahun 2024. Kejuaraan Libala digelar di GOR Bahurekso Kendal mulai jenjang SD, SMP dan SMA sederajat, sejak tanggal 7 hingga 18 Agustus 2024.

Penutupan Libala Kabupaten Kendal di GOR Bahurekso pada Minggu 18 Agustus malam berlangsung meriah. Libala ditutup dengan pertandingan final tim dari SMA Negeri 1 melawan SMK Negeri 2 Kendal yang bersaing sangat ketat.

Sorak-sorai suporter terus bergemuruh untuk mendukung dua regu yang bertanding. Penampilan cheerleader pun ikut menambah suasana makin bergerumuh.

Disporapar Kendal
Perbasi Kendal Bersama Disporapar Kendal Gelar Liga Basket Pelajar 2024 – Liputan Online Indonesia

Final dimenangkan oleh SMK Negeri 2 Kendal dengan skor 29 – 27. Dengan demikian, juara dua diraih SMA Negeri 1 Kendal dan juara 3 SMA Negeri 1 Weleri.

Kejuaraan Libala untuk jenjang SD hanya diikuti 6 klub secara campuran putra dan putri. Sedangkan jenjang SMP diikuti 8 regu putra dan 9 regu putri. Untuk kategori SMA/SMK diikuti 12 regu putra dan 10 regu putri.

Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Kendal/ Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan,
Libala kali ini diikuti 44 tim, baik dari SD, SMP dan SMA sederajat merupakan bagian dari pembinaan olahraga basket di Kabupaten Kendal. Harapannya agar bisa meraih prestasi di tingkat provinsi, seperti Popda maupun Porprov Jateng.

“Untuk meraih prestasi yang tinggi, diperlukan pembinaan yang konsisten dan kontinyu, maka Perbasi Kendal terus mengadakan beberapa event, di antaranya Popda Kabupaten, Liga Basket Kendal (LBK) yang mulai dihidupkan kembali. Kemudian di akhir tahun nanti akan digelar Perbasi Cup,” katanya.

Wahyu berharap, dengan banyak event pertandingan basket, maka bisa menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan minat dan bakat, khususnya olahraga bola basket. Selain itu untuk mempersiapkan bibit-bibit dan pembinaan prestasi khususnya di perbasketan. “Dengan pembinaan yang kontinyu, maka basket di Kabupaten Kendal akan berprestasi di tingkat provinsi maupun nasional,” ujarnya.

Disporapar Kendal
Perbasi Kendal Bersama Disporapar Kendal Gelar Liga Basket Pelajar 2024 – Liputan Online Indonesia

Kepala Disporapar Kendal Achmad Ircham Chalid mengatakan, Disporapar terus intens mengembangkan olahraga bola basket di Kabupaten Kendal. Salah satunya kegiatan Libala ini, yang bekerjasama dengan Perbasi Kendal.

“Pembinaan itu selain secara teknis ada di cabor oleh Perbasi, sedangkan Disporapar Kendal mensupport melalui penyelenggaraan event kegiatan atau kejuaraan-kejuaraan. Demikian pula dengan Disdikbud, juga ikut memberikan support kepada sekolah sekolah yang memiliki klub olahraga basket,” jelasnya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid mengucapkan terimakasih kepada Perbasi yang telah menggelar event ini. Bupat juga mengucapkan selamat kepada Tim yang berhasil meraih juara. “Prestasi ini harus dapat memacu dalam meraih yang lebih tinggi ke tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya.

Bupati Kendal pun berpesan, agar terus berlatih dan berusaha agar bisa meraih prestasi pada kejuaraan yang lebih tinggi. Terus mengasah kemampuan dengan tekun berlatih sehingga, prestasi dapat diraih di masa datang. “Event ini wujud pembinaan dan pengembangan olahraga basket yang berkelanjutan, harapannya, dapat memacu semangat para peserta untuk mengukir prestasi tinggi,” harapnya.

Adanya event ini juga memberikan wadah kegiatan yang positif, kompetitif bagi pemuda. Memberikan hiburan bagi pecinta bola basket di Kabupaten Kendal. Mewujudkan generasi muda Kendal yang berkarakter , fisik kuat, mental sportif dan fair play, guna menunjang misi Kabupaten Kendal “mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, religius, sehat jasmani dan rohani , berdaya saing tinggi dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Ketua Koni Kendal, Subur Isnadi mengatakan, kejuaraan Libala ini merupakan upaya untuk mencari bibit-bibit atlet bola basket, sebagai persiapan Porprov tahun 2026. Harapannya, kekuatan di masing-masing sekolah yang sudah cukup bagus agar semakin ditingkatkan. “Jika nanti bisa lolos ke Porprov, maka akan dikembangkan melalui puslat di Kabupaten Kendal,” katanya.

Adapun untuk jenjang SD, juara 1 klub Kelas Basket Indonesia (KBI), juara 2 klub Korwil Weleri, dan juara 3 bersama klub Fast Kaliwungu dan Trower Kendal.

Jenjang SMP putra, juara 1 SMP Negeri 2 Patebon, juara 2 SMP Negeri 2 Kendal, dan juara 3 SMP Negeri 1 Pegandon. Juara SMP Putri, juara 1 SMP Negeri 1 Weleri, juara 2 SMP Negeri 1 Pegandon dan juara 3 SMP Negeri 1 Kendal

Jenjang SMA/SMK Putri SMA, juara 1 SMA Negeri 1 Pegandon, juara 2 SMA Negeri 1 Kendal, dan juara 3 SMK Muhammadiyah 3 Weleri. Faiz

 

InfoDaerah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *